Panduan Cara Mencatok Rambut Sendiri Di Rumah Agar Awet Dan Tahan Lama

Hay pasti buat kamu para wanita sudah tidak asing lagi dengan benda yang bernama CATOKAN. yaps catokan ini mempunyai fungsi untuk merapihkah atau menjadikan rambut sesuai dengan keinginan .Bisa membuat rambut agar lurus awet atau curly (keriting gantung gitu) . Sebenarnya tidak cuma cewe yang bisa memakai alat ini , pria pun bisa juga . Tapi buat yang masih bingung dengan cara penggunaan dalam pemakaian catokan kali ini saya akan memberikan langkah-langkah yang benar supaya mendapatkan hasil yang maximal .

Tutorial Catok Rambut Agar Tahan Lama.

1. Colok kabel catokan ke sumber listrik dan pastikan colokannya terpasang dengan benar yah  supaya pada saat menggunakannya pencatok tetap teraliri arus listrik serta tidak mudah lepas dari stop kontak agar suhu pencatok tidak berubah-ubah .

2. Setelah tersambung pastikan tombol pada catokan berada di tombol ON. Jangan sampe deh udah nyolok tapi kelupaan pencet tombol on karena fungsi tombol tersebut untuk menghidupkan alat tersebut . Tapi untuk catokan tertentu biasanya sih sudah otomatis nyala jadi begitu mesin catok teraliri arus biasanya ada lampu indikator yang nyala kadang berwarna merah adapula warna lainnya itu menandakan catokan sudah siap di gunakan .

3. Kemudian pilih temperatur panas sesuai yang kamu inginkan. Biasanya pilihan temperature di catokan itu ada beberapa tingkatan yaitu  :
– 140°C
– 160°C
– 180°C
– 200°C
– 220°C

Nah ditingkat inilah kita bisa memilih suhu berapa yang cocok untuk rambut kita. Saya menyarankan jikalau kamu punya rambut tipis pakailah suhu antara 140°C – 160°C karena kalo lebih dari itu rambut indah mu akan cepat kering dan patah karena suhu terlalu panas. Dan untuk yang mempunyai rambut normal alias tidak tipis-tipis amat dan gak tebel-tebel amat pake saja suhu 180°C-200°C .Biasanya untuk rambut normal pemakaian catokan dengan suhu ini bisa bikin rambut jadi awet dan tahan lama setelah dicatok.

Tapi untuk yang memiliki rambut tebal serta lebat atau bentuk rambut susah diatur biasanya harus pake yang 200°C-220°C karena jika pakai yang dibawah suhu ini nanti rambutmu susah untuk di bentuk sesuai yang diingingkan di karenakan kurang panas alias gak mempan deh catokannya heehe.

4. Setelah pilih suhu/ temperature yang sesuai tunggu sekitar 2-3 menit agar suhu di catokan  stabil (sudah sesuai pilihan) . Perlu di ingat saat menunggu catokan panas , letakan catokan di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak. Nih buat cewe-cewe seringnya jika mencatok sendiri di depan kaca rias saya saranin jangan pernah menaruh catokan diatas paha karena nanti kalau sudah panas catokan itu dapat melukai paha . Mendingan taruh di meja rias atau di tempat yg aman supaya tidak melukai diri sendiri ataupun orang lain .

5. Sambil menunggu suhu panas boleh sambil memilih rambut bagian mana saja yang akan dicatok terlebih dahulu. Pada saat menggunakan jasa salon ada beberapa jepit rambut yang digunakan untuk memisahkan bagian rambut yang akan dicatok. Jika catok sendiri dirumah hal ini boleh dilakukan boleh juga tidak. Biasanya hal tersebut dilakukan karena sedang punya banyak waktu luang dan ingin tampil maximal ke pesta atau nge-date sama pasangan (bagi yang punya). Dan sering juga tidak dilakukan karena terburu-buru kekampus atau hanya sekedar agar rambut terlihat rapih.

6. Gunakan handuk / kain untuk menutupi bagian leher agar setelah rambut dicatok efek panasnya tidak mengenai area leher . Untuk nomor 6 ini sama seperti nomer 5 kadang-kadang sering tidak dilakuka karena dianggap ribet oleh sebagian orang. Tapi jika berada disalon langkah ini pasti dilakukan karena untuk kenyamanan serta keselamatan pengunjung.

7. Pada saat  men-catok pastikan rambut rtidak basah dan rapih agar hasil maksimal dan rambut tidak kusut deh. Lalu jepit catokan pada bagian rambut.
Setelah rambut terjepit pastikan kamu menggenggam catokan dengan benar dan agak sedikit tekan. Jangan sampai pada saat menjepit catokannya terbuka karena kurang benar menggenggamnya. Harus berhati-hati saat catokan mengenai ujung rambut , jangan sampai melukai kulit kepala. Untuk bagian yang susah diatur bisa sedikit mendiamkan alat itu di rambut agar hasil nya awet (kalo bahasa salonnya sih nyatoknya sampe mateng ) hehe.

8. Ambil beberapa bagian dari rambut diutamakan bagian dalam terlebih dahulu. Lalu Lakukan pada semua area rambut . Dan untuk rambut pada area belakang jika  ingin hasil bagus mintalah teman untuk nyatokin rambut belakang . Tapi jika sendiri bisa melakukanya dengan cara membagi rambut menjadi dua bagian (kanan&kiri) atau belah tengah rambut dan letakan rambut kedepan bahu . Lalu untuk catok bagian atas bisa memiringkan kepala agar catokan bisa menjepit semua area rambut atas.

9. Catok juga bagian depan seperti poni atau rambut samping wajah. Untuk catok rambut bagian depan atau sekitar telinga dan wajah , sedikit jauhakan rambut dengan wajah dengan cara memiringkan kepala agar rambut dapat sedikit melambai dan tidak nempel dengan wajah. Yang penting kamu harus memberi ruang untuk catokan itu agar mengenai rambut bukan wajah/telinga . Sebaiknya untuk area rawan yang dekat telinga atau wajah lakukan dengan hati hati karena berbahaya takutnya terkena panas dan kulit melepuh .

10. Setelah semuanya sudah ter-catok , sisir rambut untuk melihat apakah sudah rapih atau tidak ,  sudah sesuai dengan yang di inginkan atauka belum. Jika masih ada rambut yang belum rapih kamu bisa mencatok hanya pada bagian yang belum rapih itu saja.

11. Jika sudah selesai kembalikan tombol temperature ke nol (seperti semula) lalu tekann tombol on di catokan menjadi off lalu cabut kabel dari sumber listrik . untuk yang otomatis (tanpa tombol on/off) kamu bisa langsung mencabut kabelnya saja.

12.) Eitz Belum selesai sampai disitu saja . Diamkan terlebih dahulu catokan sampai tidak panas Hal ini dilakukan agar catokan tidak gampang rusak. Dan pada saat menunggu dingin seperti semula kamu juga harus berhati-hati karena catokan masih memiliki suhu panas walaupun sudah tidak terhubung dengan arus listrik. Tetap pastikan catokan berada ditempat yang jauh dari jangkauan anak-anak dan dari plastik atau bahan-bahan yang mudah meleleh supaya tidak menempel. Lalu setelah dingin catokal boleh disimpan didalam kotak atau laci meja rias.

Nah itulah cara menggunakan catokan yang baik dan benar. Intinya saat kita menggunakan barang apapun harus berhati-hati apalagi barang yang dapat menimbulakan panas ataupun barang yang membutuhkan aliran listrik untuk menggunakannya. Tetap selalu bijak dalam penggunaannya karena mencatok dalam waktu yang sering juga dapat membuat rambut rusak . Segitu saja tutorial kali ini semoga bermanfaat terima kasih .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *